Wednesday, May 2, 2018

Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter




Saya dari dulu memang menyukai hobi masak. Bahkan sewaktu masih kuliah pun, saya lumayan sering memasak makanan sendiri, alih-alih membeli di warung atau rumah makan. Selain lebih hemat, tentunya saya lebih yakin akan bahan-bahan yang saya gunakan. Ketika sudah menikah, hobi masak saya terus berlanjut apalagi suami saya juga jago masak.

Jika dulunya saya berbelanja kebutuhan bulanan sendiri, kini sudah ada suami yang menemani. Kami biasanya membeli bahan untuk memasak di pasar dan supermarket. Ketika di pasar, kami lebih fokus berbelanja bumbu dapur, daging, telur, sayur dan buah. Sementara itu, kalau sedang di supermarket, kami tidak pernah lepas dari area produk baking dan camilan. Beberapa produk yang kami beli antara lain roti tawar, margarin, susu bubuk, yogurt dan selai. Khusus untuk selai, kami sudah lama jatuh hati pada Skippy® Peanut Butter. Makanya selai ini selalu memenuhi keranjang belanjaan kami. Nah, bagi Anda yang belum mengenal Skippy® Peanut Butter, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Skippy® Peanut Butter?




Skippy® Peanut Butter merupakan selai kacang yang diproduksi Hormel Foods, perusahaan asal Amerika Serikat. Setiap tahunnya terdapat lebih dari 90 juta botol Skippy® Peanut Butter diproduksi oleh perusahaan ini. Menariknya, selai Skippy sudah terjual di 70 negara. Fantastis, bukan?

Selai Skippy di Indonesia adalah hasil produksi Beijing Hormel Business Management Co., Ltd.  yang beroperasi di Shandong, China. Produk selai kacang Skippy tersebut diimpor oleh PT Sukanda Djaya. Produk Skippy yang tersedia di Indonesia diantaranya yaitu Skippy® Chunky Peanut Butter, Skippy® Creamy Peanut Butter, Skippy® Grape Stripe Peanut Butter, Skippy® Chocolate Peanut Butter dan Skippy® Strawberry Stripe Peanut Butter. Untuk ukurannya, ada yang 170 gram, 340 gram dan 530 gram. Produk-produk tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di toko bahan kue, minimarket dan supermarket.

Mengapa Memilih Selai Kacang Skippy?




  • Bebas Kolesterol
Tidak perlu khawatir mengonsumsi Skippy Peanut Butter karena tidak mengandung kolesterol sama sekali. 

  • Tanpa Lemak Trans
Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans mempunyai efek tidak baik bagi tubuh, salah satunya meningkatkan kadar kolesterol jahat. Saya tidak was-was ketika menyantap Skippy® Peanut Butter, sebab tidak ada lemak trans di dalamnya.

  • Bernutrisi 
Mengingat kacang menjadi bahan utama dalam Skippy® Peanut Butter tentunya selai ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Tidak hanya kaya akan protein, selai Skippy juga menjadi sumber karbohidrat, serat pangan dan vitamin E. 

  • Rasa yang Lezat
Produk Skippy sudah memenangkan hati para konsumen di puluhan negara. Atas dasar itu, rasa selai kacang ini pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Rasa Skippy® Peanut Butter begitu enak, gurih dan membuat ketagihan. 

  • Kualitas Produk Terjamin
Skippy® Peanut Butter diproduksi menggunakan bahan-bahan pilihan dan dilengkapi segel kemasan yang kuat. Hal ini menunjukkan bahwa produknya aman, higienis dan bermutu tinggi. Fungsi segel adalah memastikan selai Skippy yang Anda beli bebas dari kontaminasi organisme berbahaya.

  • Harga Terjangkau
Sebagai selai kacang yang berkualitas, harga Skippy terbilang terjangkau. Contohnya saya membeli Skippy® Chunky Peanut Butter seharga Rp40.000,00 saja dengan berat bersih 340 gram. Sedangkan Skippy® Jam Peanut Butter kemasan 170 gram harganya sekitar Rp24.000,00. 

Apa Manfaat Peanut Butter bagi Kesehatan?


  • Menurunkan Resiko Diabetes
Berdasarkan penelitian Journal of the American Medical Association, mengonsumsi 2 sendok makan selai kacang setidaknya 5 hari dalam seminggu mampu menurunkan resiko Anda terkena penyakit diabetes hingga 30%. 

  • Membantu Program Penurunan Berat Badan
Mempunyai berat badan berlebih atau obesitas bukanlah hal yang baik. Jika Anda tengah menjalankan diet sehat, jangan lupa memasukkan selai kacang ke dalam menu Anda. Selai kacang memiliki kandungan protein dan serat yang besar. Hal ini membantu Anda merasa kenyang dalam waktu lebih lama.

  • Membuat Lebih Cerdas
Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam selai kacang mendukung fungsi dan kesehatan otak Anda. Tidak hanya itu, senyawa anti-inflamasi pada produk olahan kacang ini juga mengurangi tingkat stres dan mencegah kerusakan otak.

  • Tubuh Semakin Berenergi
Lemak sehat, protein dan serat yang terkandung pada selai kacang menjadikan tubuh Anda tetap semangat dan energik sepanjang hari. Selai kacang pun membantu menstabilkan gula darah sehingga Anda selalu bertenaga dan tidak mudah lelah.

  • Melawan Radikal Bebas
Vitamin E yang terdapat dalam selai kacang berperan aktif untuk mencegah pengaruh buruk toksin misalnya polusi udara. Di samping itu, vitamin E juga menghindarkan Anda dari penyakit katarak dan Alzheimer. 


Bagaimana Cara Menikmati Selai Skippy?




Selai Skippy® Peanut Butter ternyata mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh ya. Inilah yang mendorong saya dan suami rutin mengonsumsi selai kacang. Skippy® Peanut Butter sering kami makan langsung di sendok. Selain itu, kami juga mengonsumsinya sebagai menu sarapan pagi. Caranya sangat praktis, tinggal oleskan selai Skippy di roti tawar. Terkadang apabila sedikit rajin, kami membuatnya menjadi isian roti bakar. Baik diolah menjadi roti bakar maupun tidak, rasanya sama-sama enak.

Namun, saya ingin berkreasi dengan Skippy® Peanut Butter. Sebab selama ini saya dan suami hanya menggunakannya sebagai teman roti tawar. Saya yakin rasa selai Skippy yang pada dasarnya sudah enak dapat diolah menjadi berbagai menu untuk sarapan, makan siang, makan malam, camilan dan minuman. Setelah berpikir dan memanfaatkan bahan yang ada di kulkas, saya pun bergegas ke dapur dan memasak Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter, sebagai menu makan siang kami berdua.


Resep Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter




Bahan-bahan:

- 12 ekor udang (kupas dan cuci hingga bersih )
- 100 gram tahu (potong dadu)
- 2 sendok makan selai Skippy® Chunky Peanut Butter
- 5 sendok makan tepung terigu
- 3 butir bawang putih (cincang)
- 1/2 buah bawang bombay (iris)
- 3 buah cabai merah besar kering (iris)
- 1 batang daun bawang (iris)
- 1/2 ruas jahe (cincang)
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh minyak wijen
- garam secukupnya
- air secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:



- Siapkan mangkok, masukkan sebagian bawang putih cincang, garam, udang, tahu dan sedikit air. Tambahkan tepung terigu dan campur hingga rata.



- Goreng udang dan tahu di wajan dengan api sedang hingga matang. Selanjutnya angkat dan tiriskan.




- Tuang 2 sendok makan minyak goreng di wajan dan panaskan dengan api kecil. Lalu tumis bawang putih, jahe, cabai merah kering, bawang bombay dan daun bawang sampai harum.




- Tambahkan Skippy® Chunky Peanut Butter, kecap manis, garam, merica dan minyak wijen. Aduk hingga merata.




- Masukkan udang dan tahu, kemudian aduk sampai semuanya tercampur rata. Setelah itu, lakukan tes rasa.




- Angkat dan tata di piring. Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter yang nikmat siap disajikan.

Saya sungguh takjub dengan rasa Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter. Bukan karena saya sendiri yang memasaknya, melainkan rasanya begitu lezat dan menggugah selera. Suami saya saja sampai nambah makan karena ketagihan. Selai Skippy memberikan cita rasa gurih pada masakan. Dalam 1 piring Udang Tahu Skippy® Peanut Butter, saya juga bisa mencicipi banyak rasa sekaligus mulai dari pedas, sedikit manis dan asin. Benar-benar perpaduan rasa yang lengkap.

Enaknya lagi adalah proses memasaknya juga tergolong cepat dan mudah. Total saya hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Peralatan untuk memasak menu Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter pun sederhana, hanya wajan penggorengan, kompor, pisau, wadah dan spatula. Menu ini cocok dimasak oleh saya yang memiliki kesibukan cukup padat. Meskipun terbilang singkat, hasil menu makan siang saya yang berbahan Skippy® Peanut Butter sangatlah lezat. Mengingat sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, saya pun ingin memasak Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter lagi untuk sahur atau berbuka puasa.

Tips Memasak Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter


  1. Saya memilih Skippy® Chunky Peanut Butter untuk resep ini karena terdapat potongan-potongan kacang yang mampu memberikan tekstur unik dan berbeda pada masakan saya.
  2. Jika Anda menyukai cita rasa makanan yang pedas dan asin, Anda bisa menambahkan lebih banyak cabai merah kering, jahe, merica dan garam.
  3. Sebaliknya untuk Anda yang lebih suka mengonsumsi makanan cenderung manis, dapat memperbanyak kecap manis.  
  4. Agar udang dan tahu semakin sedap, bumbui dengan garam dan bawang putih dalam waktu lebih lama misalnya 15 menit. Pada resep tersebut, saya mencampur udang, tahu dan bumbu selama 2 menit saja.
  5. Untuk tahu sebaiknya hindari menggunakan tahu sutera. Tahu ini mempunyai tekstur paling lunak dan lembut dibandingkan tahu lainnya. Tidak hanya itu saja, tahu sutera akan cepat hancur saat digoreng maupun ditumis. Di dalam resep saya memakai tahu yang teksturnya lebih padat daripada tahu sutera. 
  6. Pisahkan udang dan tahu saat diberi terigu, garam serta bawang putih apabila Anda ingin tekstur tahu tetap oke.

Itulah resep Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter buatan saya. Resep ini sangat layak Anda coba di rumah. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi Skippy® Peanut Butter lebih lanjut, silahkan cek website maupun akun media sosial resmi Skippy melalui Facebook, Twitter, Pinterest dan Instagram

Disclaimer: Artikel ini diikutesertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Sumber 




8 comments:

  1. Aduh enaknya Kak, jadi ngiler.. Nanti buru - buru ke dapur deh kalo udah di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang mantap Udang Tahu Saus Skippy Peanut Butter. Ayo, segera masak menu ini!

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Wah, indah jago masak yaa :O skippy emang enak, aku biasanya buat kue lebaran pake skippy 😃 ga pernah kepikiran buat masak dengan skippy 😅 boleh juga, nanti kucoba bareng kakakku ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya fi, biasanya Skippy Peanut Butter juga sering dibuat menjadi kue lebaran. Padahal, selai Skippy juga asyik diolah menjadi aneka makanan atau minuman. Nah, kalau menu di atas cocok untuk penggemar makanan gurih dan cenderung pedas.

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Duh menggoda eung, bikin buat menu buka puasa sepertinya enak ini ya, Teh..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak sekali dicoba aja ya. Selai Skippy memang mantap diolah jadi apa saja.

      Delete

Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter

Saya dari dulu memang menyukai hobi masak. Bahkan sewaktu masih kuliah pun, saya lumayan sering memasak makanan sendiri, alih-alih memb...