Wednesday, July 27, 2016

Sumbawa Hebat dan Bermartabat dengan Keanekaragaman Wisatanya

Sumbawa Hebat dan Bermartabat dengan Keanekaragaman Wisatanya


Kabupaten Sumbawa dapat dikatakan sebuah kabupaten di Indonesia yang memiliki paket lengkap. Bagaimana tidak, dari kabupaten ini telah lahir banyak atlet-atlet hebat terutama para pelari yang telah menunjukkan kemampuannya dalam kancah nasional bahkan menaklukkan lawan di level intenasional. Tentu saja, masih banyak keindahan lain di luar keunikan budayanya, Sumbawa ternyata memiliki banyak wisata khususnya bahari dan wisata kulinernya yang begitu lezat dan nikmat.


Pulau Moyo

Destinasi wisata alam dari Kabupaten Sumbawa yang memiliki pamor di mata traveller baik lokal maupun mancanegara ialah Pulau Moyo. Letaknya sekitar 2,5 kilometer utara Pulau Sumbawa. Beberapa hal yang menjadi daya tarik pulau ini ialah keindahan alamnya masih terjaga kealamiannya dan sepi, suasana pulau ini juga mampu memberikan ketenangan bagi pengunjungnya. Pulau Moyo pun mempunyai keanekaragaman dalam hal flora dan fauna. Tersedia juga spot-spot bawah laut bagi kalian yang mencintai aktivitas diving dan snorkeling. Untuk masalah penginapan, kalian tidak perlu khawatir karena ada Amanwana Resort dengan pelayanan sekelas hotel bintang lima. Namun, kalau kalian mau berhemat bisa juga menginap di rumah warga Desa Labuan Aji dengan tarif berkisar Rp. 150.000,00-Rp.200.000 untuk 1 malamnya. Pulau Moyo ini bahkan pernah didatangi oleh orang-orang hebat dunia seperti Mick Jager dan Putri Diana. John Travolta dan Salma Hayek pernah melakukan syuting selama 6 hari untuk film "Savages" yang mereka bintangi di Pulau Moyo, Sumbawa.

Pantai Kencana

Pantai Kencana diketahui sebagai pantai yang indah karena pasirnya masih putih bersih dan air lautnya biru jernih. Untuk mencapai Pantai Kencana kira-kira membutuhkan waktu 15 menit dari pusat kota, sebab Pantai Kencana berada 11 kilometer dari Sumbawa Besar. Pantai Kencana memiliki keunikan karena garis pantainya berbentuk seperti lengkungan dan ada warna berbeda di kedua ujungnya. Fasilitas penunjangnya juga terbilang lengkap karena sudah ada hotel dan cottage (pondok) khas bangunan Sumbawa.


Pantai Sili-Maci

Pantai-pantai tersebut sebenarnya merupakan 2 pantai yang berbeda, jaraknya yang begitu berdekatan membuat orang-orang lebih menyebutnya sebagai Pantai Sili-Maci. Gulungan ombak pantai yang besar dan panjang menjadikan Pantai Sili-Maci untuk tujuan surfing (berselancar). Hanya saja akses menuju kedua pantai ini masih sulit. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa ini terus diperbaiki fasilitas penunjangnya seperti hotel dan penginapan.


Kain Tenun Sumbawa

Selain memiliki destinasi wisata alam, terdapat juga wisata budaya di Kabupaten Sumbawa. Sarung tenun khas Sumbawa disebut dengan sarung tenun kre'sesek. Bagi yang ingin melihat proses pembuatan dan membelinya sebagai buah tangan bisa mengunjunginya di beberapa desa Sumbawa seperti Desa Moyo dan Desa Poto. Pembuatan sarung tenun kre'sesek biasanya selesai dalam jangka waktu 1 bulan. Motif binatang seperti rusa dan tanaman sering menjadi motif sarung tenun kre'sesek. Benang yang digunakan untuk membuat sarung tenun kre'sesek ialah benang biasa dan benang kembaya (untuk menghasilkan motif). Biasanya sarung tenun ini dipakai sebagai ornamen upacara adat Sumbawa. 

Singang khas Sumbawa

Kabupaten Sumbawa memiliki wisata kuliner yang sangat lezat, salah satunya adalah Singang. Makanan ini sekilas mirip dengan gulai ikan karena memiliki kuah. Ikan segar yang biasanya digunakan yaitu ikan bandeng atau kakap. Singang yang berbahan dasar ikan segar kemudian diracik dengan garam, cabe merah, merica, bawang putih, bawang merah, kunyit, kemangi, lengkuas digoreng lalu diberi air asam dan dimasak hingga kuahnya menjadi kental.  


Sepat

Jika kalian memiliki kesempatan berkunjung ke Kabupaten Sumbawa, sempatkan diri kalian untuk mencoba wisata kuliner Sumbawa berupa Sepat. Makanan ini terbuat dari ikan yang telah dibakar dan disajikan dengan nasi putih, sambal tomat, irisan timut. Ikan yang digunakan untuk membuat Sepat umumnya ikan Kakap dan Baronang. Kuah celupan ikan bakarnya berbahan dari terong, mangga muda, daun aru, ketimun, belimbing wuluh, tomat, kemiri, asam Sumbawa yang dituangi air. Rasa Sepat sedikit asam dari kuahnya dan sedikit pedas dari ikan bakarnya. Makanan khas Sumbawa ini tentu mempunyai kuah segar karena tanpa digoreng/ditumis dulu bahan-bahan kuahnya. 

Kabupaten Sumbawa kaya sekali di bidang pariwisata, baik itu wisata alam, budaya maupun kuliner. Keberagaman wisata di Sumbawa akan menambah daya tarik Sumbawa yang hebat dan bermartabat.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Disporabudpar 2016 dengan tema "Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata untuk Sumbawa Hebat dan Bermartabat". 



Referensi untuk tulisan dan gambar:

No comments:

Post a Comment

Udang Tahu Saus Skippy® Peanut Butter

Saya dari dulu memang menyukai hobi masak. Bahkan sewaktu masih kuliah pun, saya lumayan sering memasak makanan sendiri, alih-alih memb...